MERAWAT INTELEKTUALITAS

Sabtu, 24 September 2016

TIGA PROGRAM UNGGULAN RUMAH BACA BINTANG AL-IKHLAS



LANDASAN PEMIKIRAN

Masyarakat dan pendidikan merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan keberadaannya. Pendidikan akan mendorong masyarakat menjadi sekumpulan manusia yang kreatif, inovatif, dan dinamis. Pendidikan menjadi solar bagi pergerakan peradaban manusia. Dan telah dipahami bersama bahwa pendidikan merupakan investasi jangka panjang bagi tumbuh kembang bagi suatu Bangsa. Sebagaimana Polis Athena pada masa Yunani Kuno yang berhasil melahirkan filsuf-filsuf besar seperti Socrates Plato, dan Aristoteles. Selain itu, Athena juga melahirkan ilmuwan-ilmuwan dan penyair hebat semisal Homerus dengan karya monumentalnya: Illias dan Odysseus. Polis Athena menjadi sejarah yang layak dijadikan cerminan, betapa pendidikan benar-benar persoalan serius yang tidak bisa digarap semaunya, apalagi semena-mena.  Polis Athena berbeda jauh dengan Polis Sparta yang hanya mengandalkan ketangkasan berperang.
Pada peradaban berikutnya, Islam yang di dalam kitab sucinya begitu banyak mengetengahkan tentang ilmu pengetahuan, menjadi satu peradaban maha dahsyat yang mengubah dunia. Ke-barbar-an yang terjadi di jazirah Arab, di mana perbudakan, penganiaan, dan pembunuhan terjadi di mana-mana, dapat dikembalikan ke jalan yang benar, yang manusiawi. Hingga Jazirah Arab menjadi daerah yang sangat diperhitungkan di dunia. Di sana lahir begitu banyak ulama, ilmuan, filsuf, penyair, dan cendekia. Penyebabnya tidak lain tidak bukan karena Islam mengajarkan manusia untuk mengedepankan ilmu, tentu saja ilmu didapatkan dengan menempuh proses pendidikan yang disiplin. Bahkan pada Abad Kegelapan Eropa, di mana dataran Eropa menjadi dataran yang paling terbelakang dalam hal ilmu pengetahuan, Islam menghadirkan Jabir bin Hayyan (Bapak Kimia Modern), Ibnu Rusyd/Averrous (Filsum), Ibnu Sina/Avicenna (Bapak Kedokteran), Al-Biruni (Matematikawan), Al-Khawarizmi (Ahli Aljabar), Ibnu Ismail (Penemu Konsep Robotika Modern), dan masih banyak lagi. Merekalah yang menjadi inspirator bagi kebangkitan Eropa dari keterpurukan.
Hari ini apa kabar pendidikan? Pemahaman tentang “pendidikan” semakin hari semakin mengalami kemunduran serius. Jika ada yang berbicara ihwal “pendidikan” maka masyarakat akan serta merta merujuk pada sekolah-sekolah, baik sekolah yang didirikan pemerintah maupun swasta. Sekolah-sekolah yang belakangan kerap menjadi sasaran pemberitaan miring semisal kekerasan seksual, penganiayaan, tawuran, dan pembunuhan itu makin hari makin tampak muram. Terlepas dari persoalan kurikulum yang labil—yang selalu berubah jika ada pergantian menteri yang menangani pendidika--konsep dasar pendidikan yang sesungguhnya dipakai pun semakin tidak jelas letak duduknya. Semua serba bias. Di antara kebiasan, suara sumbang yang menyatakan bahwa pendidikan di negeri ini harus diselamatkan semakin gencar, tapi sayangnya upaya untuk menyelamatkan pendidikan di negeri ini tidak sekeras suara-suara itu.
Apa pasal? Karena persoalan pendidikan seolah-olah diserahkan seutuhnya kepada pihak sekolah. Padahal tugas mendidik adalah tanggung jawab setiap manusia. Tanggung jawab yang dimaksud tentu saja sesuai dengan kapasitas masing-masing. Contoh mudahnya begini: Jika seseorang hanya bisa mendidik bagaimana cara bicara yang jujur,  maka itulah yang harus diajarkan berkali-kali. Tidak perlu sampai jauh berbicara tentang teori-teori filsafat yang rumit, sains, atau sastra. Karena yang terpenting dalam pendidikan adalah “esensi” mendidik itu sendiri. Oleh sebab kesadaran fungsi masyarakat yang sesungguhnya setiap individu memilik tanggung jawab mendidik sesamanya, terutama generasi penerus agar tidak lahir sebagai generasi lemah yang kalah,  Rumah Baca Bintang Al-Ikhlas Banten bersikeras menghadirkan program-program kerja yang mengarah pada proses mendidik. Selain kegiatan sehari-hari, ada beberapa program yang dilaksanakan pada waktu-waktu tertentu.


1.       Panggung Gembira: Panggung Kreativitas Anak

Rangka Kegiatan               : Menghayati Hari Anak Internasional
Tema Kegiatan                  : Menanam Ilmu dan Merawat Kegembiraan
Durasi                                   : 14 jam

Paparan
Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan Rumah Baca Bintang Al-Ikhlas Banten, dilaksanakan semenjak tahun 2007. Menurut pengamatan kami, kegiatan ini yang paling ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Karena melalui kegiatan ini anak-anak dapat mengekspresikan pengatahuan dan kemampuan mereka di atas panggung yang dihadiri oleh sekitar 700 orang, terdiri dari para ulama, pendidik, seniman, budayawan, anak-anak, dan masyarakat umum.

Tujuan

1.       Menghayati nilai-nilai yang dalam Hari Anak Internasional.
2.       Memberikan wahana kegembiraan  yang mendidik dan mengedepankan kreativitas kepada anak-anak melalui kesenian, melalui sastra.
3.       Mengembangkan dan meningkatkan kemampuan anak dalam menyampaikan gagasan-gagasannya di hadapan publik.
4.       Menstimulus masyarakat agar mengenali, menghayati, dan mencintai kesusastraan atau kesenian.
5.       Menjawab kegamangan para seniman atau sastrawan yang selalu mengeluh bahwa kesenian atau kesusastraan sepi dari peminat. Karena di kampung-kampung, kesusastraan atau kesenian begitu dicintai.

Tempat dan Waktu Kegiatan

1.       Cerdas Cermat
Tempat                             : Gedung Rumah Baca Bintang Al-Ikhlas Banten
Hari dan tanggal                : Sabtu 19 November 2016
Jam                                  : 09.00-12.00 WIB
2.       Lomba Menggambar dan Mewarnai
Tempat                             : Gedung Rumah Baca Bintang Al-Ikhlas Banten
Hari dan tanggal                : Sabtu 19 November 2016
Jam                                   : 13.00-14.30 WIB
3.       Lomba Pidato dan  Ceramah
Tempat                             : Gedung Rumah Baca Bintang Al-Ikhlas Banten
Hari dan tanggal                : Sabtu 19 November 2016
Jam                                  : 14.30-17.30
4.       Panggung Gembira: Panggung Kesenian
Tempat                             : Gedung Rumah Baca Bintang Al-Ikhlas Banten
Hari dan tanggal                : Sabtu 19 November 2016
Jam                                  : 19.30-22.30

Alamat sekretariat dan tempat kegiatan Rumah Baca Bintang Al-Ikhlas Banten: Jalan Kasultanan Banten Kp. Cibelut RT01/RW02 Ds. Pegadingan, Kec. Kramatwatu, Kabupaten Serang, Provinsi Banten.

AGENDA KEGIATAN

WAKTU
KEGIATAN
KETERANGAN
09.00-12.00
Cerdas Cermat
Diikuti oleh anak-anak usia 10-12 tahun.  Perkiraan diikuti oleh 30 peserta terdiri dari 10 kelompok.
13.00-14.30
Lomba Menggambar dan Mewarnai
Peserta terbuka bagi umum (tidak khusus bagi anak-anak RBBAI) dengan syarat  anak-anak usia 10-12 tahun.  Perkiraan diikuti oleh 30 peserta terdiri dari 10 kelompok.
14.30-17.30
Lomba Pidato dan  Ceramah
Diikuti oleh anak-anak usia 5-12 tahun. Perkiraan lomba ini diikuti oleh 40 peserta. Durasi masing-masing peserta sekitar 5-7 menit perorang.
19.30-22.30
Panggung Gembira: Panggung Kesenian Anak

1.        Pawai Khotmil Qur’an
2.        Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an
3.        Tari Multikultural
4.        Deklamasi Puisi
5.        Story Telling
6.        Deklamasi Puisi
7.        Ceramah Anak
8.        Drama Anak: “Cahaya di Mata Itu!”
9.        Marawis Anak Bintang
10.     Teater Lautan Sorban
11.     Paduan Suara Nadzom Alfiyah
12.     Musik Tradiri


1.        Masyarakat Umum
2.        Anak RBBAI Banten
3.        Tim Tari Anak RBBAI Banten
4.        Anak RBBAI Banten
5.        Anak RBBAI Banten
6.        Tubagus Masku
7.        Anak RBBAI Banten
8.        Remaja RBBAI Banten
9.        Tim Marawis Anak Bintang
10.     Teater Lidi Banten
11.     Remaja RBBAI Banten
12.     Lemah Rungkad

22.30-23.00
Pengumuman Pemenang
Pengumuman para pemenang cerdas cermat, lomba pidato, ceramah, menggambar, dan mewarnai.

Sebelum acara puncak yang dilaksanakan pada malam hari, kami melaksanakan lomba-lomba terlebih dahulu. Selain sebagai ruang kreativitas juga dapat dijadikan motivasi anak-anak untuk terus meningkatkan kemampuan mereka di bidang pengetahuan umum, menggambar, mewarnai, dan public speaking. Perlu kami sampaikan, selama tiga hari berturut-turut, sebelum acara ini dilaksanakan, kami terlebih dahulu mengadakan setoran hafalan Juz ‘Amma, hafalan doa-doa, dan ujian huruf pegon. Tujuannya agar kami dapat mengukur pencapaian anak-anak selama satu tahun belajar di Rumah Baca Bintang Al-Ikhlas Banten.










1.       Hibah Buku dan Budaya Baca

Rangka Kegiatan                       : Meningkatkan budaya membaca di masyarakat
Jenis Kegiatan                           : Seminar dan Pelatihan
Durasi                                           : 1 Minggu

Kegiatan ini merupakan kegiatan dengan orisinalitas ide yang dapat dipertanggungjawabkan. Tidak pernah ada sebelumnya sebuah rumah baca melakukan kunjungan ke rumah baca lainnya, terlebih rumah baca yang dikunjungi terletak di luar kota. Bentuk kegiatannya adalah seminar dan pelatihan. Selain itu, sebagaimana nama kegiatannya, kami akan menyumbangkan (menghibahkan) beberapa buku kepada rumah baca yang kami kunjungi.

Tujuan

1.       Menjalin silaturahmi dengan rumah baca-rumah baca di Provinsi Banten.
2.       Mengajak para penggiat rumah baca untuk berperan aktif turun ke kampung-kampung, ke perkumpulan-perkumpulan untuk melakukan sosialisasi pentingnya membaca.
3.       Menstimulus semangat membaca di kalangan anak-anak dan remaja di Provinsi Banten.
4.       Menambah bahan bacaan di rumah baca-rumah baca yang dikunjungi.
5.       Memberikan

Tempat dan Waktu Kegiatan

1.       Rumah Baca di Tangerang
Tempat                                               
Hari dan tanggal                : Sabtu 23 Desember 2016
Jam                                   : 09.00-14.00 WIB

2.       Rumah Baca di Cilegon
Tempat                             :
Hari dan tanggal                : Sabtu 30 Desember 2016
Jam                                   : 19.00-23.00 WIB

3.       Rumah Baca di Kabupaten Serang
Tempat                                              
Hari dan tanggal                : Sabtu 6 Januari 2017
Jam                                   : 19.00-23.00 WIB

4.       Rumah Baca Pandeglang
Tempat                                            
Hari dan tanggal                : Sabtu 9 Januari 2017
Jam                                  : 09.00-14.00 WIB




Agenda Kegiatan

Waktu
Tempat Kegiatan
Agenda acara
09.00-14.00 WIB
Sabtu 23/12/2016
Tangerang
Seminar “Membaca Itu Menyenangkan”.

·         Musikalisasi Puisi
·         Deklamasi Puisi
·         Seminar
·         Tanya Jawab
·         Hibah Buku
·         Dramatisasi
·         Penutup
19.00-23.00 WIB
Sabtu 30/12/ 2016
Cilegon
Seminar “Membaca Untuk Melihat Dunia”.

·         Musikalisasi Puisi
·         Tari
·         Marawis
·         Seminar
·         Tanya Jawab
·         Hibah Buku
·         Strory Telling
·         Penutup

19.00-23.00 WIB
Sabtu 6/1/2017
Kab. Serang
Pelatihan Menulis

·         Deklamasi Puisi
·         Dramatisasi Cerita Pendek
·         Pemutaran Film Laskar Pelangi
·         Diskusi Film
·         Pelatihan Menulis
·         Tanya Jawab
·         Praktek Menulis
·         Bedah Karya


09.00-14.00 WIB
Sabtu 9/1/2017

Pandeglang
Pelatihan Menulis

·         Musikalisasi Puisi
·         Dramatisasi Cerita Pendek
·         Pemutaran Film Sang Pencerah
·         Diskusi Film
·         Pelatihan Menulis
·         Tanya Jawab
·         Praktek Menulis
·         Bedah Karya




Dunia Buku Dunianya Anak Masa Kini

Rangka Kegiatan               : Hari Puisi Nasional (28 April 2016) dan Hari Buku Nasional (17 Mei 2017)
Jenis Kegiatan                   : Seleksi dan Penerbitan Karya Sastra Anak
Durasi                               : 2 Bulan

Program ini merupakan program yang mengupayakan kelahiran karya sastra dari kalangan usia anak-anak. Peserta pelatihan tidak saja peserta didik RBBAI Banten, melainkan kami akan menyeleksi karya anak-anak Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Banten untuk mengikuti kegiatan ini. Kami akan menyeleksi karya-karya terbaik, untuk kemudian kami terbitkan dengan jumlah buku terbatas. Demi efektivitas proses pelatihan dan penjaringan anak-anak yang berbakat di bidang sastra, kami tidak mendatangkan peserta ke RBBI Banten, melainkan kami yang mendatangi sekolah-sekolah dasar dan meminta waktu kepada sekolah yang bersangkutan. Proses selanjutnya kami akan memilih 20 anak yang berbakat dari berbagai sekolah untuk diberikan pelatihan yang intens selama 2 bulan di Rumah Baca Bintang Al-Ikhlas Banten.

Tujuan

1.       Memperkenalkan karya sastra kepada masyarakat semenjak semenjak usia dini.
2.       Menjaring bakat-bakat sastra di kalangan anak-anak sekolah dasar.
3.       Menghadirkan karya sastra anak di tengah para pembaca karya sastra.

Tempat dan Waktu Seleksi

1.       SDN Walikukun Kota Cilegon
Tempat                             : Gedung SDN Walikukun Kota Cilegon
Hari dan tanggal                : Sabtu 1 April 2017
Jam                                  : 09.00-12.00 WIB

2.       SDN 1 Kramatwatu
Tempat                             : Gedung SDN 1 Kramatwatu
Hari dan tanggal                : Rabu 5 April 2017
Jam                                  : 09.00-12.00 WIB

3.       SDIT Raudhatul Jannah Kota Cilegon
Tempat                             : Gedung SDIT Raudhatul Jannah
Hari dan tanggal                : Rabu 13 April 2017
Jam                                  : 09.00-12.00 WIB

4.       SDN 1 Pegadingan
Tempat                             : Gedung SDN 1 Pegadingan
Hari dan tanggal                : Senin 17 April 2017
Jam                                  : 09.00-12.00 WIB


5.       SD Madani
Tempat                             : Gedung SD Madani
Hari dan tanggal                : Sabtu 22 April 2017
Jam                                  : 09.00-12.00 WIB

6.       MTS Al-Khairiyah Karangtengah
Tempat                             : Gedung MTS Al-Khairiyah Karangtengah
Hari dan tanggal                : Selasa 25 April 2017
Jam                                  : 09.00-12.00 WIB

7.       SMPN 1 Kramatwatu
Tempat                             : Gedung SMPN 1 Kramatwatu
Hari dan tanggal                : Sabtu 29 April 2017
Jam                                  : 09.00-12.00 WIB

8.       SMPN 1 Serang
Tempat                             : Gedung SMPN 1 Serang
Hari dan tanggal                : Rabu 3 Mei 2017
Jam                                  : 09.00-12.00 WIB

9.       SMPN 1 Cilegon
Tempat                             : Gedung SMPN 1 Cilegon
Hari dan tanggal                : Sabtu 6 Mei 2017
Jam                                  : 09.00-12.00 WIB

10.   SMP Fatahillah Cilegon
Tempat                             : Gedung SMP YP. Fatahillah
Hari dan tanggal                : Rabu 10 Mei 2017
Jam                                  : 09.00-12.00 WIB

11.   SDN Bulakan II
Tempat                             : Gedung SDN Bulakan II
Hari dan tanggal                : Sabtu 13 Mei 2017
Jam                                   : 09.00-12.00 WIB

12.   SDN Melati 4
Tempat                             : Gedung SDN Melati
Hari dan tanggal                : Senin 15 Mei 2017
Jam                                   : 09.00-12.00 WIB

13.   SDN Melati 1
Tempat                             : Gedung SDN Melati 1
Hari dan tanggal                : Rabu 17 Mei 2017
Jam                                  : 09.00-12.00 WIB

Sebelum melakukan seleksi, TIM RBBAI akan memberikan seminar mengenai proses penulisan puisi kepada anak-anak dengan pendekatan yang lebih sederhana yang dapat dipahami oleh anak-anak Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama.



0 komentar:

Posting Komentar